Review Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan Kota Tanjungpinang

 

 

image

 

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan, telah mulai dilaksanakan sejak tahun 2006 yang menjangkau seluruh Kelurahan di Kota Tanjung Pinang. Dimana Pelaksanaan telah melaksanakan banyak kegiatan. Salah Satu kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pengurangan Angka kemiskinan di kota Tanjungpinang. Selasa (09/04) PNPM Mandiri Perkotaan Kota Tanjungpinang mengadakan pertemuan untuk membahas dan meminta masukan tentang pelaksanaan PNPM Perkotaan dalam evaluasi program. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang H.Syahrul, S.Pd dan juga dihadiri oleh Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang, di Ruang Rapat Walikota Tanjungpinang.

Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan dalam penanggulangan kemiskinan, dengan melakukan penguatan kelembagaan masyarakat. Keberdayaan kelembagaan masyarakat tersebut, bertujuan menciptakan kemandirian dan keberkelanjutan kemampuan menyampaikan aspirasi serta kebutuhan berkaitan dengan kebijakan publik di tingkat lokal, baik aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan, termasuk perumahan dan permukiman.

Kelembagaan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di 18 Kelurahan telah berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang, yaitu dengan melakukan upaya pengentasan kemiskinan, “Kita harus terus mendukung Upaya masyarakat melalui BKM dalam kegiatan pembangunan infrastruktur, sosial dan kegiatan ekonomi, serta masyarakat tetap terus dibina untuk mengembangkan kegiatan yang bertumpu pada usaha peningkatan Ekonomi”, Ujar Syahrul.

Sementara itu Team Leader PNPM Mandiri Perkotaan M.Irfan mengatakan, bahwa Dana PNPM selain untuk kegiatan pembangunan Infrastruktur juga ada dana Peningkatan Penghidupan Masyarakat Berbasis Komunitas (PPMK) yang berjumlah Rp 100 juta per-Kelurahan dan Kota Tanjungpinang mendapatkan 3 Kelurahan diantaranya Kel Sei jang, Tanjung Unggat dan Pinang Kencana, Terang Irfan.( HMS /ADRE )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *