Pengusaha Bouksit Banyak Ilegal

penambangan bouksit tanjungpinangTANJUNGPINANG – Bauksit merupakan bahan yang heterogen, yang mempunyai mineral dengan susunan terutama dari oksida aluminium, yaitu berupa mineral buhmit (Al2O3H2O) dan mineral gibsit (Al2O3 .3H2O). Secara umum bauksit mengandung Al2O3 sebanyak 45 – 65%, SiO2 1 – 12%, Fe2O3 2 – 25%, TiO2 >3%, dan H2O 14 – 36%.

Bijih bauksit terjadi di daerah tropika dan subtropika dengan memungkinkan pelapukan sangat kuat. Bauksit terbentuk dari batuan sedimen yang mempunyai kadar Al nisbi tinggi, kadar Fe rendah dan kadar kuarsa (SiO2) bebasnya sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali. Batuan tersebut (misalnya sienit dan nefelin yang berasal dari batuan beku, batu lempung, lempung dan serpih. Batuan-batuan tersebut akan mengalami proses lateritisasi, yang kemudian oleh proses dehidrasi akan mengeras menjadi bauksit.

Bauksit dapat ditemukan dalam lapisan mendatar tetapi kedudukannya di kedalaman tertentu.
Potensi dan cadangan endapan bauksit terdapat di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Pulau Bangka, dan Pulau Kalimantan.

Namun , banyak  pengusaha  yang  membabat hasil bumi ini secara ilegal, Pengerukan disana sini  tampa  pandang bulu, lingkungan pun menjadi  hancur, banyak  lobang lobang pengalian  Bouksit  yang dibiarkan  serta situs sejarah  kerajaan  Melayu diTanjungpinang menjadi  hancur.

Dari  hasil investigasi  media ini titik  pengalian bouksit  ini terjadi dijalan  Dompak, Km batu 8 atas , Km batu  14 arah rumah sakit Propinsi, banyak  truk , truk  yang  lalu lalang membawa  bouksit  ke kapal tongkang.( adre )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *