banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Ini Laporan Lengkap Dana Awal Kampanye Parpol dan Paslon

Ilustrasi Pemilu Legislatif 2019. ( Foto: Antara )

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima laporan awal dana kampanye dari 16 partai politik peserta pemilu 2019 dan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019. Semua partai menyerahkan hari ini, Minggu (23/9)

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa semua partai peserta pemilu 2019 telah menyerahkan LADK dan tidak ada partai yang telat. Semua menyerahkan sebelum pukul 18.00 WIB.

“Semua parpol sudah menyerahkan LADKnya hari ini dan tidak ada yang telat. Kami belum bisa menyampaikan besarannya karena sesuai UU akan disampaikan setelah diperbaiki,” ujar Hasyim usai penutupan penyerahan LADK di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Minggu (23/9).

Berdasarkan hasil wawancara dengan pengurus atau tim parpol yang menyerahkan laporan awal dana kampanye ke KPU, ditemukan besaran LADK yang diserahkan KPU. Jumlahnya bervariasi dari Rp 1 juta sampai Rp 105 miliar.

Partai yang paling kecil LADKnya adalah Partai Perindo dan Garuda masing-masing Rp 1 juta. Kemudian disusul Hanura Rp 13 juta dan PAN Rp 50 juta. Sementara yang LADK-nya besar adalah PDIP sebanyak Rp 105 miliar, disusul Gerindra Rp 75,3 miliar dan PKS sebanyak 17 miliar.

PSI masih enggan menyebutkan besaran jumlah LADK yang diserahkan ke KPU. Bendahara Umum PSI Suci Mayang Sari mengaku akan menyampaikan rilis terkait laporan dana awal kampanye PSI.

Rata-rata dana parpol ini berasal dari dana yang dilaporkan para caleg dan sumbangan dari kas partai politik. Partai umumnya belum menerima sumbangan dari pihak lain.

Sementara untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, LADK Paslon Nomor Urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebanyak Rp 11 miliar. Dana ini berasal dari sumbangan empat perusahaan dan perseorangan.

LADK Paslon Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno sebanyak Rp 2 miliar. Dana ini bersumber dari kantong pribadi Prabowo dan Sandiaga masing-masing menyumbang Rp 1 miliar.

Laporan Dana awal Kampanye (LDAK)
– PKS: Rp 17 miliar
– Perindo: Rp 1 juta
– Partai Nasdem: Rp 7 miliar
– PBB: Rp 15 miliar
– PKB: Rp 15 miliar
– PSI: –
– Golkar: Rp 110 juta
– Gerindra: Rp 75,3 miliar
– PDIP: Rp 105 miliar
– Demokrat: Rp 839 juta
– PPP: Rp 510 juta
– Berkarya: Rp 100 juta
– Garuda: Rp 1 juta
– Hanura: Rp 13 juta
– PAN: Rp 50 juta
– PKPI: Rp 500 juta

LADK Paslon
01. Jokowi- Amin: Rp 11 miliar
02. Prabowo- Sandi: Rp 2 miliar

Yustinus Paat / YUD

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code