banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Pete – Buah pete dalam bahasa Indonesia yaitu petai. Dan buah pete ini  merupakan salah makanan yang ada di Indonesia. Namun keberadaannya ada sebagaian orang yang tidak menyukainya karena bau nya. Buah ini sangat unik karena bentuknya yang bulat dan pipih dengan warnanya yang khas yaitu hijau. Biji menonjol berada di tengah sepanjang buah yang seperti papan.

Kenapa Pete Bau?

Pete atau petai ini terdapat kandungan asam amino di dalam bijinya serta juga mengandung unsur sulfur. Kandungan tersebut yang menjadikan buah pete menghasilkan bau menyengat dan tidak enak.

Akan tetapi faktanya, meskipun pete ini sangat bau siapa sangka ternyata buah pete banyak khasiatnya bagi kesehtan tubuh karena di dalamnya terkandung gizi yang tinggi.

Berikut penjelasan mengenai manfaat dan kelebihan buah pete untuk kesehatan tubuh :

  1. Mengobati penyakit diabetes / gula darah

Rasa pahit pada buah pete bisa menjadi obat ampuh untuk penderita diabetes atau darah manis. Pembuktiannya sudah benar-benar teruji sejak ratusan tahun lalu hingga sekarang. banyak orang yang sembuh total dari khasiat buah petai.

  1. Mengurangi Kolesterol

Zat yang terkandung di dalam buah petai seperti antioksidan dan zat lainnya bisa membantu mengurangi kolesterol secara cepat.

  1. Sebagai Obat Sakit Jantung

Dengan kemampuan mengurangi kolesterol dan hipertensi secara ampuh, hal ini juga membantu mengurangi dan mengobati penderita sakit jantung.

  1. Meredakan Depresi

Sumber Gambar : Klimg.com

Kandungan zat tryptopan dalam buah petai merupakan faktor utama yang dapat mengurangi tingkat depresi sesorang. Berikut kelebihan zat tryptopan yang ada pada pete :

  • Tubuh akan terasa lebih rileks
  • Meningkatkan rasa mood dan mengontrol rasa emosi
  • Meningkatkan rasa tenang dan bahagia
  1. Mencegah Gangguan PMS

Pre Menstrual Syndrome (PMS) pada umumnya perempuan dapat cepat berubah mengenai rasa mood dan rasa emosinya. Maka dengan mengkonsumsi pete ini mampu menstabilkan rasa tersebut. Karena itu pengaruh dari zat tryptophan yang terkandung di dalam pete. Selain itu kandungan vitamin B1 juga mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh..

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Kandungan Vitamin B yang tinggi pada buah petai bisa memperbaiki stamina dalam tubuh sehingga dapat juga mengobati penyakit anemia. Efek dari anemia sendiri berupa :

  • 5 L (lemah, lesu, letih, lemas, lunglai)
  • rasa pusing dan mual-mual
  • tubuh tidak bertenaga
  • gampang terserang penyakit ringan
  • produktivitas tidak optimal setiap harinya
  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dengan mengkonsumsi buah pete dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kandungan zat kalium dalam pete dapat meningkatkan kognitif yaitu berupa kemampuan daya ingat, kemampuan rekognisi pola, dan kemampuan mempersepsikan dengan indera.

  1. Mencegah Rasa Sesak Akibat Kekenyangan

Mengkonsumsi pete juga bisa mencegah rasa begah dan sesak dikala makan yang terlalu banyak, efek ini disebut efek antasida.

  1. Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Manfaat kulit pete ternyata dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya dengan menggosok-gosokan kulit pete pada kulit yang gatal.

  1. Manfaat Pete Untuk Mencegah Kegemukan pada Tubuh

Buah pete memiliki kandungan serat yang mampu mengikat lemak sehingga dapat mencegah kegemukan pada tubuh.

  1. Menyehatkan Lambung

Biji pete ini sangat bermanfaat untuk lambung hal ini karena dapat menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada lambung, dan mencegah infeksi.

  1. Menurunkan Suhu Pada Tubuh

Buah dan biji pete berkhasiat unutk menurunkan suhu tubuh bahkan buah pete ini dikenal juga sebagai buah dingin.

  1. Mencegah dari Penyakit Stroke

Berdasarkan ungkapan dari The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi pete dapat mengurangi penyakit stroke.

  1. Membantu Berhenti dari Kebiasaan Merokok

Vitamin B2, B12, magnesium, dan kalium yang terkandung pada buah pete membantu dalam berhenti untuk kebiasaan merokok.

  1. Mangandung Antioksidan

Manfaat antioksidan yang terkandung dalam pete yaitu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh sehingga mencegah dari serangan penyakit.

  1. Mempunyai Vitamin C yang Tinggi

Vitamin C yang terkandung pada pete bermanfaat untuk mengobati sariawan, gusi berdarah, infeksi, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mempunyai Vitamin A yang Tinggi

Vitamin A pada pete ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata dan menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh.

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code