banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Lomba Bercerita sebagai Ajang Giatkan Literasi

 Tanjungpinang – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kota Tanjungpinang dimulai 8-9 Mei 2018 di Aula Bulang Linggi. Dan acara penutupan yang disejalankan dengan pengumuman pemenang dilaksanakan Kamis (9/5).
Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono berkesempatan untuk menutup secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya menyampaikan lomba bercerita ini merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca oleh anak-anak. “Sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak-anak di Kota Tanjungpinang, terutama kreativitas dalam membaca. Ini untuk merangsang kerja otak dan imajinasi mereka dalam menggiatkan dirinya dalam gerakan literasi yang menjadi program pemerintah.” Ungkapnya.
Riono juga menjelaskan saat ini pemerintah telah melakukan berbagai program untuk menyalurkan kreativitas anak dan sebagai wujud kepedulian sosial dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang sebagai Kota Layak Anak. “Untuk itu, kepada pihak sekolah, baik kepala sekolah, guru-guru dan orang tua mari kita dukung sepenuhnya kreativitas yang dimiliki anak-anak kita. Arahkan ke hal yang positif, apalagi untuk membiasakan membaca buku dan membatasi penggunaan gadget.” Lanjutnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan budaya gemar membaca, menambah wawasan mengenai cerita rakyat dan mengembangkan serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak dalam seni bercerita.
Wan Samsi menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara berjenjang untuk mempersiapkan duta Kota Tanjungpinang di perlombaan tingkat Provinsi. “Saya mengajak kita semua untuk bertekad mendudukkan Duta Bercerita Kota Tanjungpinang sebagai Juara 1 di perlombaan tingkat Provinsi Kepulauan Riau.” Ungkapnya.
Jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 43 orang yang merupakan siswa-siswi SD/MI se-Kota Tanjungpinang. Para pemenang dalam lomba bercerita ini mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. Juara 1 Lusi Apriani siswi SDN 012 Bukit Bestari, Juara 2 Nazura Aurelia siswi SDN 005 TPI Timur, Juara 3 Alfazri Ikhsan Rizki siswa SDN 014 Bukit Bestari, Harapan 1 Mikha Kristi siswi SDN 001 TPI Timur, Harapan 2 Hayrunnisa Fadlun Turan siswi SDS Djuwita dan Harapan 3 Teguh Febrianto siswa SDN 014 TPI Timur. Untuk juara 1 dalam lomba bercerita ini akan dikirim sebagai perwakilan Kota Tanjungpinang pada lomba bercerita tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepri.
Pada acara penutupan ditampilkan ketiga pemenang yang unjuk kebolehan dalam bercerita sehingga memukau dan menarik perhatian para hadirin yang menyaksikannya. Tampak hadir dalam acara penutupan tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Ketua ATPUSI Kota Tanjungpinang, Seluruh Kepala SD se-Kota Tanjungpinang dan guru pembimbing serta undangan lainnya.

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code