banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Survei Pilgub Sumut LSI: Eramas Ungguli Djoss

Djarot Saiful Hidayat dan Edy Rahmayadi. ( Foto: Antara )

Medan – Pasangan calon gubernur (Cagub) Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) kembali diunggulkan dari Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) di Sumut.

Berdasarkan hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, pasangan Eramas meraih 43,3 persen suara dan Djoss 33,3 persen. Sebanyak 23,4 persen lagi dinyatakan belum menentukan pilihan dalam Pilgub Sumut.

“Kami menggunakan metode multistage random sampling dengan menggunakan responden 1.000 orang. Survei dilakukan 11 sampai 15 April kemarin,” ujar Direktur Citra Publik Advertising LSI, Ade Mulyana di Hotel Dyandra Santika Medan, Kamis (26/4).

Ade mengatakan, penerapan secara acak pada responden terpilih di tingkat kabupaten, kota, kecamatan, kelurahan maupun tingkat desa di daerah tersebut. Dalam hal ini, jumlah margin error lebih kurang sebanyak 3,1 persen.

“Kita melakukan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Ada pertanyaan yang sifatnya terbuka dan tertutup menyangkut kedua pasangan cagub yang bertarung dalam pesta demokrasi di Sumut,” katanya.

Menurutnya, hasil survei ini bisa saja berubah saat hasil akhir di pilkada tersebut. Perubahan ini bisa terjadi karena waktu di pilgub itu sekitar dua bulan lagi.

“Ada tiga faktor yang mempengaruhi suara yaitu swing voters (suara mengambang) masih tinggi, politik uang dan partisipasi pemilih minim,” sebutnya.

Arnold H Sianturi / FMB

Sumber: Suara Pembaruan

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code