banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Presiden Buka Indonesia Industrial Summit 2018

Presiden Joko Widodo. ( Foto: Antara )

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Indonesia Industrial Summit 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), pada Rabu (4/4).

Pada kegiatan bertema “Implementasi Industry 4.0 dalam rangka Transformasi Lanskap Industri Nasional Menuju Top 10 Ekonomi Dunia 2030”, Presiden Jokowi meluncurkan Making Indonesia 4.0 sebagai peta jalan dan strategi Indonesia memasuki era digital.
Indonesia berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi industri 4.0.

“Peningkatan nilai tambah merupakan kunci untuk bisa bersaing dan memenangkan kompetisi pada persaingan global saat ini,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ia mengatakan, industri nasional membutuhkan konektivitas dan interaksi melalui teknologi, informasi, dan komunikasi yang terintegrasi dan dapat dimanfaatkan di seluruh rantai nilai manufaktur untuk mencapai efisiensi dan peningkatan kualitas produk.

Making Indonesia 4.0, lanjut Menperin, memberikan arah yang jelas bagi pergerakan industri nasional di masa depan, termasuk fokus pada pengembangan lima sektor manufaktur yang akan menjadi percontohan serta menjalankan 10 inisiatif nasional dalam upaya memperkuat struktur perindustrian Indonesia.

“Penyusunan peta jalan ini telah melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintah, asosiasi industri, pelaku usaha, penyedia teknologi, maupun lembaga riset dan pendidikan,” kata Menperin.

Novy Lumanauw / JAS

Sumber: Investor Daily

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code