banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

96 Qori dan Qoriah Siap Berlomba di Ajang MTQ XII Kota Tanjungpinang

Teguh Susanto (Warga Tanjungpinang)

 

 

 

 

 

Tanjungpinang – Sebanyak 96 Qori dan Qoriah dari empat Kecamatan di Kota Tanjungpinang, siap berlomba memperebutkan piala bergilir Wali Kota Tanjungpinang pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XII tingkat Kota Tanjungpinang, yang akan berlangsung di Terminal Sungai Carang, Bintan Center Tanjungpinang, mulai 18 – 23 April 2018.

 

Ke-96 peserta tersebut, merupakan utusan dari setiap Kecamatan se – Kota Tanjungpinang, yakni utusan Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 23 Qori dan Qoriah, Kecamatan Tanjungpinang Timur 26 Qori dan Qoriah, Kecamatan Tanjungpinang Kota, 21 Qori dan Qoriah, serta perwakilan dari Kecamatan Bukit Bestari sebanyak 26 peserta.

 

Mereka siap adu kebolehan dalam ajang MTQ tingkat Kota Tanjungpinang, pada cabang lomba antara lain : Fahm Al-Quran, Syarh Al- Quran, Musabaqah Makalah Al-Quran. Cabang Tilawah Al-Quran golongan dewasa, remaja, anak-anak, qira’at sab’ah, dan qira’at Al-Qur’an murattal dewasa. Cabang Hifzh Al-Quran, golongan 1 jus, 5 juz dan 10 juz, serta tiga golongan cabang Khath Al-Quran (naskah, hiasan mushaf dan dekorasi).

 

Disamping cabang lomba tersebut. Stand bazar, pawai ta’aruf, qasidah dan marawis ikut diperlombakan dalam ajang tahunan ini.

 

Untuk mensukseskan kompetisi di bidang Al-Qur’an ini, di sekitar lokasi arena utama akan hadir 45 peserta stand bazar dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Wanita, BUMN, BKMT, Kecamatan, Perbankan, Paguyuban, serta Industri Kecil Menengah (IKM).

 

MTQ bazar expo nantinya akan menampilkan beragam jenis makanan tradisional khas melayu, kerajinan dari olahan limbah kaca dan paralon, kain songket bermotif, tanjak, kaos, serta pernak-pernik lainnya.

 

Sebelum dibuka secara resmi, rangkaian MTQ diawali dengan pawai ta’aruf pada Rabu (18/4) pukul 07.00 Wib. Star pawai dari Jalan. DI. Panjaitan (depan Lotus Bintan Center) dan finish di panggung arena utama Terminal Sungai Carang Bintan Center.

 

Pawai ta’aruf akan diramaikan oleh barisan OPD, Kecamatan, Kelurahan, Majelis Taklim, Pengurus Masjid, group kesenian, drum band, serta pelajar.

 

Syiar agama Islam melalui MTQ yang dihelat Pemerintah Kota Tanjungpinang, mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga tingkat Kota ini bertujuan untuk mewujudkan generasi Kota Tanjungpinang yang Qur’ani dan berakhlak mulia.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code