banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Bawaslu Putuskan Hasil Gugatan JR Saragih Besok

JR Saragih (kedua kiri) dan Ance Selian (kedua kanan). ( Foto: Antara )

 

Medan – Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) akan mengumumkan putusan dari sidang sengketa gugatan pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih – Ance Selian terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Sabtu (3/3).

“Kami masih merangkum hasil dari sidang sengketa gugatan JR Saragih-Ance Selian, termasuk di dalamnya berbagai keterangan saksi,” ujar anggota Bawaslu Sumut, Hardi Munthe kepada SP di Medan.

Hardi yang merupakan pimpinan persidangan sengketa gugatan pemilihan gubernur (Pilgub) itu mengatakan, pihaknya menggelar rapat sebelum mengeluarkan putusan dari sidang sengketa gugatan pasangan yang diusung Demokrat, PKPI dan PKB itu.

“Untuk malam ini, kami belum bisa menyimpulkan apalagi memberikan informasi atas putusan sidang sengketa gugatan tersebut. Keputusan akan disampaikan Bawaslu di persidangan,”katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain menyampaikan, keputusan Bawaslu dalam sidang sengketa dari gugatan pasangan calon gubernur JR Saragih – Ance Selian merupakan final dan mengikat.

“KPU tidak bisa menolak apalagi menggugat hasil keputusan Bawaslu bila mengabulkan gugatan pasangan JR Saragih – Ance Selian. KPU Sumut akan menjalankan keputusan Bawaslu. Kita masih menunggu keputusan itu,” jelasnya.

Dalam penanganan sidang gugatan tersebut, sesuai dengan amanat dan peraturan perundang – undangan, Bawaslu diberikan tenggang waktu selama 12 hari untuk menyelesaikan sidang sengketa gugatan pemilihan kepala daerah.

Sidang perdana oleh lembaga pengawas pemilu itu sudah dilaksanakan sejak, Selasa (20/2) lalu. Bawaslu memanggil dan meminta keterangan dari pihak pemohon (penggugat) dan KPU selaku pihak yang digugat JR Saragih – Ance Selian.

Arnold H Sianturi / JAS

Sumber: Suara Pembaruan

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code