banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Manfaat Jambu Air Untuk Kulit

Kadang kulit yang kekurangan terlihat kering dan kusam. Hal tersebut  dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti jambu air ini. Mengkonsumsi jambu air memberikan sumbangan air dan vitamin C yang sangat melimpah. Vitamin C mengandung anti oksidan yang mampu melawan penuaan dini. Manfaat antioksidan ini menjaga regenerasi sel kulit dan meningkatkan asupan zat besi bagi tubuh. Jadi memakan jambu air yang sesuai, sangat berarti bagi kesehatan tubuh.

Rujak dengan tambahan buah jambu air dapat memberikan manfaat jambu air yang alami karena buah yang dimakan masih segar dan juga manfaat buah lain yang ada di dalamnya seperti manfaat manggamanfaat ketimun dan manfaat nanas yang didapatkan sekaligus.

Manfaat Lain Tanaman Jambu Air

Sama seperti manfaat buah buahan yang sehat, bergizi dan jeruk lainnya, jambu air memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti yang diketahui di atas. Namun bagian lain dari tanaman ini juga memberikan manfaat yang tak terduga seperti berikut ((boldsky.com, Health Benefits Of The Rose Apple Fruit, diakses 02 Desember 2014)) :

  • Biji – Biji jambu air disimpan dalam sebuah wadah dalam jangka waktu 4 hari hingga kering. Benih yang dibuat menjadi bubuk, dapat digunakan untuk menyembuhkan diare. Obat ini juga digunakan untuk menurunkan demam dan mengontrol asma. Benih segar dapat menyembuhkan katarak dan disentri.(Baca :Manfaat Biji Buah Delima, Manfaat Biji Tanaman Cendana, Manfaat Jambu Biji Muda)
  • Bunga – Bagian bunganya yang berbau manis digunakan untuk menurunkan suhu tinggi dalam tubuh (demam). Bunga-bunga yang dikombinasikan dengan daunnya berguna untuk menenangkan gatal bagi orang yang menderita cacar. Daun jambu air juga dapat diterapkan pada sakit mata yang berfungsi sebagai diuretik.(Baca : Manfaat Bunga FlamboyanManfaat Bunga Wijaya KusumaManfaat Bunga Dandelion )
  • Kulit Pohon – Kulit pohon ini dibuat menjadi rebusan dan digunakan untuk meringankan bronkitis, asma dan suara serak di tenggorokan. Akar juga diperlakukan untuk menyembuhkan epilepsi.(Baca : Manfaat Kulit Kayu Asam Jawa)

Faktor Resiko Jambu Air

Meskipun akar dan biji tanaman jambu air banyak digunakan sebagai pengobatan kuno, namun juga dikenal dapat menyebab racun. Selain itu, jambu air juga  mengandung sianida. Konsultasikan dengan dokter, sebelum mencoba pengobatan dengan jambu air untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Konsumsi variasi buah-buahan lebih dianjurkan untuk memuat semua jenis nutrisi yang baik untuk tubuh.

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code