banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Lasmin Kolektor Pusaka Bertuah

TANJUNGPINANG-Galery Pak Lasmin, di galery ini terdapat benda benda pusaka .Berawal dari hobi koleksi benda pusaka, membawa Laksmi (79), mengelilingi sebagian wilayah di Indonesia. Laksmi ialah kolektor benda kuno. kini benda kuno yang mencapai ratusan koleksi hanya dirawat dan dipajang di rumahnya di jalan Tugu Pahlawan, Kampung Kolam-Tanjungpinang Kota.Kegemarannya itu dimulai tahun 1951,  dengan mengelilingi sebagian wilayah di Indonesia.

Dalam prjalanannya itu ia menemukan   guci peninggalan dinasti Ming, yang berusia 800 tahun hingga keris pusaka Pensana riau dari pulau Penyengat, yang ia beli dari ahli waris keturun si empunya bangsawan kerajaan Riau-Lingga.

“Mulai dari guci dan piring Dinasti Ming di Cina. Sejarah mencatat guci ini sudah ada sejak 800 tahun lalu,”kata pria asal Solo, Senin (30/10/2017). Koleksi benda pusaka milik Lakmi berjumlah ratusan seperti guci, keris pusaka, batu cincin hingga uang kertas dan logam dari 47 negara keluaran tahun 1947. Kegemarannya mengumpulkan benda kuno, kata Laksmi, untuk mengingat sejarah bangsa ini.

Namun sayang kegemaran yang mengoleksi benda benda kuno,tidak diikuti oleh anak anaknya, dan bapak tujuh anak ini berencana menjual sebagian benda pusaka tersebut.  Ia pun berharap Pemerintah daerah memperhatikan kegiatan usaha kecil yang dilakoninya saat ini. Keterbatasan modal menjadi kendala dalam memiliki gerai ditempat trategis, kini menjadi angannya saja. Cita cita nya itu, dikata Laksmi membuka ruang bagi masyarakat, yang ingin memiliki benda pusaka dan budaya bangsa ini.”Bagi anda yang mempunyai kecukupan modal, tentu mudah memiliki toko.”kata laksmi.

Bagi anda yang memiliki kesukaan yang sama atau hendak membeli benda. “kuno seperi cincin bisa anda dapatkan dengan harga Rp100 Ribu-Rp500 ribu.”Ada batu ambar yang berasal dari getah pohon ambar,”katanya. Selain itu anda juga dapat memiliki batu jamrud, aqik, Sulaeman.”Batu itu bisa digunakan buat pengasihan, kewibawaan, dan mempunyai nilai sejarah,”tutup dia.(mat )

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code