banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Sebulan Bersama Warga Bangun Rumah

Kemanunggalan TNI dan Rakyat Semakin Terlihat

BINTAN (HK) – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, sudah 20 hari berjalan.  Para personil TNI gabungan dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU), sudah nyaris menyelesaikan kewajibannya untuk membangun jalan penghubung antara Kampung Mantrush Km 18 dengan Kampung Rawabangun Km 17 sepanjang 1,3 kilometer.

Dibantu oleh masyarakat sekitar, para personil TNI yang biasanya membopong senjata itu juga mahir menggunakan alat-alat bangunan seperti palu, gergaji serta parang untuk mengerjakan setiap kebutuhan dalam pengecoran jembatan. Ada satu jembatan yang dibangun, untuk menghubungkan jalan yang sedang dikerjakan, memakai alat sekadarnya, mereka berhasil merampungkan pembangunan jembatan yang menghubungkan antar kampung itu.

Sekuat tenaga mereka mengerjakan, tak hanya itu rasa ikhlas dari dalam diri para personil angkatan bersenjata itu yang semakin mendekatkan mereka dengan rakyat khususnya di Desa Toapaya Selatan. Dari curahan hati Letnan Satu (Lettu) M Yusuf selaku Komandan Kompi Batalyon Infantri (Danki Yonif) Raider 134/TS, terkuak kalau sebenarnya masyarakat di Desa Toapaya terbuka hatinya setelah mengetahui kehadiran TNI bukan sekedar menjaga NKRI.

“Awalnya mereka tidak menerima, tapi setelah tahu kita akan membangun desa mereka akhirnya mereka terbuka dengan kami. Sekarang para personil kita menginap di rumah-rumah warga selama kegiatan TMMD berlangsung,” kisah M Yusuf ditemui, kemarin.

Belakangan pun kata Yusuf, masyarakat sekitar semakin merasa nyaman dengan kehadiran para prajurit di kampungnya. Momen tidur di rumah warga ini menurut dia, semakin membuktikan kalau TNI dan rakyat semakin manunggal dalam membangun desa sebagai penopang kemajuan bumi pertiwi.

Makan bersama, bercengkrama bersama pada saat ada di rumah warga menurut Yusuf memang amat jarang ditemukan. Disini, para personil TNI memperkenalkan diri sebagai angkatan bersenjata yang amat mencintai rakyat Indonesia. Bahkan beberapa kegiatan penyuluhan yang semata-mata memintarkan masyarakat sudah dilakukan selama kegiatan TMMD ke-99 yang berlangsung sejak 4 Juli dan akan verakhir pada 2 Agustus 2017 mendatang. (oxy).

 

HALUANKEPRI.COM

Share

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code