banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Pengguna Ponsel di Indonesia Mengunduh 40 Aplikasi Setiap Bulan

Ilustrasi ponsel pintar. (ist)

Jakarta – Laporan Pengunaan Konsumen yang di survei oleh App Annie menemukan fakta kuartal pertama 2017 menunjukkan, waktu yang dihabiskan pengguna aplikasi seluler telah melonjak menjadi hampir 1,7 miliar jam.

SVP Research and Marcom App Annie, Danielle Levitas, mengatakan, kenaikan ini sebagian besar merupakan dampak dari meledaknya angka dasar jumlah pengguna global.

“Meskipun setiap sistem operasi memiliki aplikasi yang trending untuk tiap kategori, namun tidak ada kategori aplikasi yang benar-benar mencakup semua,” kata Danielle, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (12/5).

Dengan rata-rata 30 aplikasi yang digunakan per bulan, lanjut dia, semua orang sekarang mengelola kehidupan mereka dengan aplikasi. Penggunaan aplikasi, kata Danielle, telah menjadi kebiasaan sehari-hari, dengan rata-rata 10 aplikasi digunakan setiap hari.

“Namun, secara rata-rata hanya 25 persen sampai 50 persen aplikasi yang diunduh digunakan secara rutin setiap bulan,” paparnya.

40 Aplikasi per Bulan

Untuk jenisnya, jelas Danielle, aplikasi dari kategori Utility dan Tools paling banyak digunakan karena sudah terinstal dari awal. Posisi tersebut diikuti oleh aplikasi jejaring sosial, komunikasi dan sosial.

“Uniknya, pengguna Android memiliki lebih dari 30 persen lebih banyak game daripada pengguna iPhone. Namun, iOS tetap memimpin pendapatan dari game karena pendapatan rata-rata per pengguna mereka lebih tinggi,” papar Danielle.

Untuk penduduk Indonesia, lanjut Danielle, menggunakan rata-rata 40 aplikasi per bulan, dan sekitar 78 aplikasi diunduh ke ponsel mereka.

“Jumlah ini menjadikan penggunaan rata-rata harian menjadi 11 aplikasi per hari atau sedikit lebih tinggi dari rata-rata global,” kata dia.

Untuk waktu yang dihabiskan pada aplikasi, sangat bervariasi antar negara. Namun, trennya terus tumbuh dari tahun 2015-2017 di setiap negara.

“Aplikasi kencan dan produktivitas memiliki rata-rata penggunaan tertinggi per hari yaitu sekitar empat menit. Sementara, aplikasi keuangan dan produktivitas digunakan kurang dari satu menit per sesi,” kata Danielle.

Dalam hal waktu yang dihabiskan untuk bermain game, Korea Selatan dan Jepang masih unggul. “Sekitar 25 persen waktu mereka habiskan untuk bermain game atau lebih dari 60 menit per hari,” pungkasnya.

Feriawan Hidayat/FER

BeritaSatu.com

Share

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code