banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Plt Sekda Kagumi Produk Tekhnologi Tepat Guna Putra/Putri Kabupaten Bintan

Bintan – Tak ada yang pernah menyangka bahwa Putra/Putri Kabupaten mempunyai bakat yang sangat menjanjikan di Bidang Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) seperti menciptakan Dongkrak Mobil Elektrik, Alarm Motor Maling ataupun Tambal Ban Elektrik . Hal itu terlihat dari sejumlah presentasi yang ditampilkan oleh 10 Peserta yang terdiri dari para pelajar serta masyarakat dalam Lomba Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) yang diselenggarakan di Lapangan Relief Antam Kijang , Rabu pagi ( 26/4 ) .

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan bahwa Kegiatan tersebut merupakan suatu langkah dan upaya dalam mengenalkan kreatifitas dan inovasi anak- anak Kabupaten Bintan dalam menciptakan tekhnologi tepat guna yang berbahan murah meriah namun bisa diunggulkan dan bermanfaat di masyarakat . Seperti halnya produk Alarm Motor Maling yang hanya mengeluarkan biaya Rp 46.000,- namun memberikan manfaat bagi menurunkan kerawanan pencurian sepeda motor .

Dirinya juga mengatakan bahwa seyogyanya total peserta yang akan mengikuti semulanya berjumlah 15 kelompok namun karena berhalangan tekhnis maka ada 10 kelompok yang menampilkan karyanya pada hari ini . Menurutnya hasil dari Lomba Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) merupakan suatu langkah maju dan bersejarah karena untuk pertama kalinya menampilkan potensi kreasi anak-anak Kabupaten Bintan dengan menampilkan produk kreatif yang memiliki keunikan tersendiri .

” ini akan menjadi langkah awal , dimana harapan kedepannya output yang dihasilkan mudah-mudahan mampu meningkatkan potensi lokal serta mampu dilirik oleh investor ” ujarnya .

Dirinya juga menambahkan bahwa akan diambil 3 orang utusan yang akan dikirimkan ke Tingkat Provinsi pada tanggal 17 Mei 2017 di Kota Batam serta 1 utusan lagi mewakili Kabulaten Bintan ke Tingkat Nasional pada tanggal 1 November 2017 .

Plt Sekda Kabupaten Bintan Drs Adi Prihantara yang melihat langsung presentasi merasa kagum dimana dirinya menegaskan bahwa langkah ini harus diapresiasi guna memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi khalayak ramai .

” kreatifitas dan inovasi yang harus terus ditingkatkan ” ujarnya .

Sementara itu, Ketua Tim Tekhnologi Tepat Guna yang juga Kabid Pengembangn Masyarakat Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kabupaten Bintan Zamir Ambiya A Razak mengatakan bahwa penyelenggaraan Kegiatan Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) , yang melibatkan Putra/Putri Kabupaten Bintan merupakan refleksi dari program Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos untuk membuat program yang mampu menampilkan kreatifitas dan inovasi Putra/Putri Kabupaten Bintan ke Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional .

” Program ini seyogyanya merupakan refleksi keinginan Bapak Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos untuk memberikan , mengenalkan dan menampilkan hasil inovasi dan kreatifitas Putra/Putri Kabupaten Bintan ke Tingkat yang lebih tinggi ” tutupnya .

Adapun hasil pemenang dari Lomba Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) Kabupaten Bintan Tahun 2017 yaitu Juara 1 diraih oleh pelajar SMK Negeri 1 dengan produk Pemanfaatan Limbah Bulu Ayam Untuk Pertanian , Juara 2 diraih oleh pelajar SMK Negeri 1 Bintan Utara dengan produk Alarm Anti Maling dan Juara 3 diraih oleh SMP IT Tanjung Uban dengan produk Tambal Ban Elektrik

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code