banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

KPK Sambut Positif Tawaran TNI Kawal Penyidik

Febri Diansyah. (Antara)

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut positif pernyataan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, yang akan memberikan pengawalan terhadap penyidik yang sedang bertugas. KPK pun akan berkoordinasi dengan TNI untuk menindaklanjuti pernyataan Panglima tersebut.

“KPK merespon positif. Tentu, kami akan berkoordinasi. Jika ada inisiatif untuk memberikan pengamanan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK,” kata Jubir KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/4) malam.

Menurut Febri, KPK meyakini komitmen TNI dalam mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia. Apalagi, KPK dan TNI memiliki nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait pemberantasan korupsi.

“Panglima TNI juga punya komitmen untuk memberantas korupsi. Kami juga punya mou terkait kerjasama dengan TNI tersebut baik terkait pengamanan atau penanganan perkara,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gatot menyatakan, pihaknya siap membantu pengamanan terhadap pimpinan KPK dan para penyidiknya. Bahkan, Gatot mengatakan, akan memberikan pengamanan dengan mengerahkan pasukan terbaik yang dimiliki TNI.

Pernyataan ini menanggapi aksi teror dengan penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan, Selasa (11/4).

“Saya akan berikan pasukan yang terbaik,” kata Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (12/4).

Lebih lanjut, Gatot menjelaskan TNI sudah berkoordinasi dengan pihak KPK dan Kepolisian sebagai penanggung jawab utama pengamanan. Saat ini tinggal menunggu pelaksanaan atas rencana tersebut.

“24 jam kita siap. Sudah berkoordinasi, tinggal pelaksanaannya. Kita siapkan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan,” ujarnya.

KPK dan TNI diketahui memiliki MoU yang ditandatangani pada 2012 lalu. Dalam MoU itu disebutkan, kerja sama antara kedua instansi dilakukan di antaranya bantuan personel, sarana, dan prasarana TNI yang diperlukan dalam rangka pemberantasan korupsi.

Suara Pembaruan

Fana Suparman/FER

Suara Pembaruan

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code