banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Ahok Disebut Menistakan Agama, Saksi: Itu di Luar Logika Saya

Basuki Tjahaja Purnama menghadiri sidang pengadilan kasus dugaan penistaan agama di Jakarta, Selasa 7 Maret 2017. (Antara)

Jakarta- Saksi Eko Cahyono mengatakan, terdakwa Basuki Tjahja Purnama alias Ahok pernah menjadi bupati Belitung Timur yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Jadi, bagaimana mungkin Ahok berniat menodakan agama Islam. Hal itu disampaikan Eko dalam kesaksiannya pada sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama, di Auditorium Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, hari ini.

“Saya menyampaikan fakta-fakta di lapangan sewaktu saya dan Pak Basuki dulu mencalonkan di Pilbup (Pemilihan Bupati) Bangka Belitung. Pertama yang saya tekankan, Pak Basuki itu tidak mungkin menistakan agama karena dia juga lahir di lingkungan di mana mayoritas penduduknya beragama Islam, dan 93 persen penduduk Belitung Timur itu Islam,” ujar Eko, di Auditorium Kementerian Pertanian, Selasa (7/3).

Menurut dia, bagaimana mungkin Basuki membenci umat Islam, karena dia pernah memimpin daerah yang mayoritas warganya beragama Islam. “Basuki nggak suka atau bermaksud menistakan agama Islam. Itu hal yang tidak mungkin, di luar logika. Jadi tuduhan Basuki menistakan Islam itu di luar logika saya, nggak mungkin itu,” ungkap Eko.

Terkait Surat Al Maidah ayat 51 itu, ia menyampaikan, sudah pernah ditanyakan kepada tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. “Ulama besar kita, Gus Dur menjelaskan kita memilih pemimpin negara, pemimpin untuk melayani masyarakat, pemimpin yang cakap melayani masyarakat, dan Gus Dur yakin itu ada di Basuki. Jadi kita bukan memilih pemimpin agama, tapi memilih pemimpin pemerintahan,” katanya.

Menurutnya, dalam berpolitik banyak pihak yang menggunakan agama. Padahal suku agama ras dan antargolongan (SARA) dalam undang-undang tidak diperbolehkan. “Kalau kita selalu mengedepankan SARA, saya nggak yakin NKRI akan maju,” tandasnya.

Bayu Marhaenjati/WBP

BeritaSatu.com

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code