Aplikasi Kawal Pilkada. (Beritasatu.com/ Yudo Dahono)

Jakarta – KawalPilkada.id mengajak warga DKI Jakarta untuk mengawal jalannya Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan berpartisipasi langsung menggunakan aplikasi KawalPilkada.

Partisipasi ini juga akan merealisasikan real count tercepat di sejarah pemilu Indonesia. Warga DKI bisa mengambil bukti foto atas hasil penghitungan suara (formulir C1 plano) dari TPS masing-masing lalu menggunakan aplikasi Kawal Pilkada dan mengunggahnya ke situs kawalpilkada.id.

“Mobile app Kawal Pilkada kami buat karena terinspirasi oleh besarnya minat warga DKI Jakarta untuk terlibat dalam proses pemilihan gubernur DKI. Bila partisipasi warga Jakarta dalam mengupload foto tinggi, kita bisa membuat real count tercepat di sejarah Pemilu Indonesia dengan app ini.” kata Inisiator KawalPilkada Khairul Anshar, melalui keterangan tertulis kepada Beritasatu.com, Senin (16/1).

Melalui aplikasi Kawal Pilkada, warga DKI bisa memantau penghitungan suara di TPS masing-masing, memotret C1 plano setelah penghitungan selesai, lalu mengunggah foto dan memasukkan data yang tertera di foto.

Saat ini aplikasi Kawal Pilkada sudah bisa diunduh secara gratis di Apple App Store (untuk iPhone – https://kawalpilkada.id/ios)
serta Google Play Store (untuk smartphone berbasis Android – https://kawalpilkada.id/android).

“Setelah foto diunggah dan data dimasukkan, penghitungan suara se-DKI dapat dimonitor secara langsung di situs kawalpilkada.id,” lanjut Khairul.

Lebih lanjut Khairul mengundang warga DKI di tiap TPS untuk terlibat aktif untuk mengawal suara rakyat di Pilkada.

“Hanya perlu 1-2 menit untuk mengambil dan mengunggah foto tersebut melalui app kami lalu mengisi angkanya. Karenanya kami berharap partisipasi masyarakat melalui app ini merata di seluruh DKI,” imbuhnya.

KawalPilkada adalah tim relawan independen yang ingin mengawal suara rakyat di tiap Pilkada dengan menyediakan akses publik untuk memonitor penghitungan suara secara live melalui situs KawalPilkada.

KawalPilkada tidak didanai pihak manapun dan tidak berpihak pada kandidat tertentu, melainkan berpegang pada kebenaran data empiris. KawalPilkada sudah melakukan real count sejak Pilkada serentak 2016 dengan menginput data formulir C1 yang hasil pindainya diunggah ke situs KPU.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi halo@kawalpilkada.id atau melalui aplikasi WhatsApp ke nomor +65 9181 0928.

 

 

Yudo Dahono/Yustinus Paat/YUD

BeritaSatu.com