banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Pembangunan Sekolah Berbasis Partisipasi Masyarakat di Kota Tanjungpinang

 sitohang1 sitohang

Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang terus meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan. Meskipun APBD Kota Tanjungpinang tahun 2016 kembali mengalami tekanan, pemerintah kota Tanjungpinang menyiasatinya dengan berupaya mendapatkan dukungan dana yang bersumber dari APBD.

 
Salah satu ikhtiar tersebut terlaksana dengan pembangunan SMPN 16 Kota Tanjungpinang. Dimulainya pembangunan sekolah baru ini ditandai dengan acara peletakan batu pertama gedung sekolah ini oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah pada hari Kamis 16 Juni 2016. Turut hadir dalam acara pelatakan batu pertama ini Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang Maskur Tilawahyu, Petrus M. Sitohang (Anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang), Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Hz. Dadang AG disertai beberapa staffnya dan beberapa Pejabat Pemerintah Kota Tanjungpinang lainnya seperti Assisten II Robert Pasaribu, Kepala Dinas Tata Kota dan Pengawasan Pembangunan Effiyar Amin, Ahadi dan lain-lain. Pembangunan SMP yang baru ini merupakan buah upaya yang dilakukan Pemko Tanjungpinang yang dengan dukungan DPRD Kota Tanjungpinang. Kerjasama yang baik antara pemerintah dan dewan kota ini diawali di tahun 2015 ketika Komisi I DPRD Tanjungpinang melakukan kunjungan kerja bersama ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta yang tujuannya untuk mengupayan  bantuan anggaran untuk pembangunan unit sekolah baru. Tahun 2016 upaya itu berbuah dengan dimulainya pembangunan gedung sekolah baru yang ditargetkan akan selesai dan mulai digunakan dalam tahun 2016 ini.

Pemngunan sekolah ini disebut berbasis partisipasi masyarakat karena masyarakat setempat memberikan dukungan dan bantuan nyata. Bantuan itu antara lain, lahan disediakan oleh pengusaha pengembang kota Tanjungpinang Suryono seluas 5.000 m2. Di samping itu tenaga pelaksana kegiatan ini merupakan warga sekitar yang diawasi oleh konsultan yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Share

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code