Ilustrasi (Beritasatu.com)

Ilustrasi (Beritasatu.com)

Jakarta – Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo berharap masyarakat tidak perlu khawatir atau terpancing atas berbagai isu terkait ajakan penarikan uang secara besar-besaran (rush money) pada 25 November mendatang.

“Saya berharap masyarakat tidak khawatir dan tidak terpancing, karena perbankan ini harus kita pelihara. Sistem keuangan yang paling besar di Indonesia harus dijaga, kalau perbankan goyah akan berdampak pada ekonomi,” kata Kartika di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/11).

Dia mengatakan secara likuiditas perbankan nasional solid. Namun, yang perlu dipertimbangkan secara serius adalah kondisi bank-bank yang likuiditasnya terbatas.

“Kita ada likuid Rp 210 triliun di Bank Indonesia. Jadi secara likuiditas tidak ada masalah. Kalau itu mengena ke bank menengah kecil, bisa terkena dampak. Tapi kalau saya tidak khawatir karena pasar tidak akan terpancing,” ujarnya.

Kartika mengaku telah menginformasikan kepada para nasabah agar tetap tenang menghadapi isu yang disebarkan pihak tidak bertanggung jawab.

“Kita menyampaikan kepada nasabah agar tetap tenang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” katanya.

Investor Daily

Novy Lumanauw/YUD

Investor Daily