banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Sail Selat Karimata, Momen Pas Perkenalkan Kepri ke Dunia Luas

JAKARTA -(BT)-Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan Festival Bahari Kepri, yang merupakan rangkaian Sail Selat Karimata 2016, merupakan momen paling pas untuk semakin memperkenalkan pariwisata Kepri ke dunia luas. Terlebih lagi potensi pariwisata bahari di seluruh wilayah Kepri.

“Dengan semakin dikenal wisatawan dunia, kami yakin ke depan mereka yang datang akan semakin ramai,” kata Gubernur Nurdin saat Rapat Koordinasi Sail Selat Karimata 2016, di Kantor Kemenko Maritim Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Rapat ini dipimpin langsung Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. Ikut mendampingi Luhut dalam rapat itu Menteri Pariwisata Arief Yahya. Tampak hadir juga Gubernur Kalimantan Barata Cornelius. Sementara dari Kepri hadir Kadis Pariwisata Kepri Guntur Sakti dan Sekretaris Kota Tanjungpinang Riono.

Gubernur Nurdin mengatakan, persiapan-persiapan terus dilakukan untuk festival yang dilaksanakan pada 20-30 Oktober 2016 ini. Puncak Festival Bahari Kepri, direncanakan pada 29 Oktober 2016, yang rencananya akan dihadiri Presiden atau Wakil Presiden.

Rangkaian kegiatannya dimulai dengan Eco Heroes, Dragon Boat Race, Festival Gurindam dan Drumband, Panggung Penyair, Wonderful Indonesia Sailing, Wonderful Kepri Expo, The Sound From Motherland of Malay, Seminar Wisata Bahari, Kepri Carnival, Kepri Traditional and Modern Games, Festival Sungai Carang, Sky Lantern dan Festival Drone.

Menurut Gubernur, pariwisata akan menjadi magnet lain penggerak perekonomian Kepri selain industri yang sudah ada selama ini. Apalagi Kepri menjadi salah satu tiga besar masuknya wisatawan asing ke Indonesia.

Untuk menyemarakkan Sail Selat Karimata, kata Nurdin pihaknya sudah mengajak beberapa yatcher Singapura menjelajah wilayah Kepri beberapa waktu lalu. Untuk mendatangkan sejumlah yatcher Ketua Panitia FBK Kepri sudah melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Singapura Power Boat Assosiation (SPBA).

Salah satu point penting dalam MoU itu adalah SPBA akan secara aktif mendorong anggotanya untuk ikut serta dalam Festival Bahari Kepri, yang merupakan rangkaian Sail Selat Karimata 2016.

“Mereka yang hadir akan menyaksikan sejumah persembahan spektakuler yang mengejutkan,” kata Nurdin.

Menko Luhut menyambut baik iven yang akan dilaksanakan di Kepri. Menurut Luhut, bisa banyak yang dikembangkan untuk kepariwisataan Kepri. “Potensinya banyak. Mereka bisa bawa kapal ke Batam dan Bintan,” kata Luhut.

Luhut menegaskan pariwisata harus ditangani dengan profesional. “Pariwisata paling cepat revenue dengan cost yang rendah,” kata Luhut. Soal persiapan untuk iven ini, Luhut melihat Kepri sudah lebih bagus.

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code