banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Disdik Akan Selidiki Pungli KJP di MI Raudlatul Islamiyah Rawa Bebek

 Logo Beritasatu.com (Dok Beritasatu.com)


Logo Beritasatu.com (Dok Beritasatu.com)

Jakarta-Dinas Pendidikan (Disdik) DKI akan menyelidiki adanya pungutan liar (pungli) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Islamiyah, Jalan Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto mengatakan sekolah MI berada di bawah pembinaan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama DKI

“Meski sekolah MI berada di bawah pembinaan Kanwil Kementerian Agama DKI, tetapi tetap KJP dan BOP ada di bawah kami, Disdik DKO,” kata Bowo, Sabtu (28/5).

Dijelaskannya, bila ada keluhan masyarakat disertai data yang jelas, rinci, dan spesifik, maka Disdik DKI tetap berkewajiban melakukan koordinasi pembinaan terhadap sekolah yang melakukan pelanggaran terhadap pemberian KJP dan BOP.

Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kanwil Kementerian Agama DKI untuk menyelidiki kebenaran kasus pungli di sekolah MI Raudlatul Islamiyah.

“Terkait dengan BOP dan KJP, jika ada keluhan masyarakat dengan data yang jelas, rinci, dan spesifik, Disdik DKI tetap berkewajiban untuk lakukan koordinasi pembinaan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Beritasatu.com, MI Raudlatul Islamiyah setingkat Sekolah Dasar (SD), mempersulit siswanya untuk ikut ujian kenaikan kelas lantaran belum bayar uang sekolah dan ujian. Bahkan, pada Kamis (26/5) lalu, ada orangtua murid mengemis untuk anaknya bisa ikut ujian. Namun, pihak sekolah tak mengindahkan permohonan orangtua murid tersebut.

Selain itu, jika ada siswa yang ingin pindah sekolah, orangtua harus membayar ke kepala sekolahnya sebesar Rp 500.000. Kemudian, setiap siswa yang mengurus uang Kartu Jakarta Pintar(KJP), kepala sekolah meminta setiap siswa Rp 100.000 untuk ongkos dalam pengurusan KJP‎.

Pungli tak hanya berhenti di situ. Setiap siswa yang tidak ikut tour sekolah dan tidak ikut kegiatan estra kurikuler renang wajib membayar uang Rp 50.000.

Lenny Tristia Tambun/PCN

BeritaSatu.com

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code