banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Gubernur Ingin Meresmikan PLTU Karimun

 

 

KARIMUN -(BT)-Gubernur H Muhammad Sani menegaskan bahwa ia pada 2018 nanti meresmikan listrik PLTU Soma Karimun ini. Karena itu, setelah peletakan batu pertama pembangunan pembangkit listrik ini, Gubernur mengatakan ia akan mengikuti perkembangan proyek listrik yang dikerjakan PT Soma Daya Utama ini.

“Tahun 2018 selesai, saya ingin berdiri di sini, meresmikannya,” kata Sani saat peletakan batu pertama pembangunan PLTU Soma Karimun di Pangke Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Senin (21/3).

Gubernur Sani sepertinya tak ingin mengalami “trauma batu pertama” pembangunan kelistrikan. Dalam kesempatan itu, Sani menyebutkan, dia punya pengalaman pahit setelah peletakan batu pertama. Setelah itu, kelanjutan pembangunannya tidak jelas.

“Padahal rakyat sangat mendambakan kehadiran listrik,” kata Sani. Maka itu, Sani akan mengikuti progres pembangunan PLTU ini.

Dalam pada itu, Dirut PT Soma Daya Utama Frangki Yasen menegaskan komitmenya untuk menuntaskan pekerjaan ini sesuai dengan tentative waktu yang sudah disusun. Menurut Frangki, pihaknya sangat komit membantu pemerintah untuk elektrivikasi ke seluruh h wilayah RI.

 

Karena, kata Frangki, besarnya potensi sumber daya alam dan manusia tidak akan tumbuh jika suatu daerah defisit ketenagalistrikan. “Mohon dukungan semua pihak. Semoga semua berjalan sebagaimana yang telah ditarget,” kata Frangki yang usaha kelistrikannya di Pontianak sudah berjalan.

Rangkaian kerja usaha ini sudah dimulai sejak 2011 dengan melakukan pra studi kelayakan. Direncanakan, zona satu ini mulai beroperasi pada 2018. PLTU yang menelan investasi 135 juta dolar AS ini mengembangkan listrik dengan daya 2 x 25 MW.

Karimun sendiri untuk pengembangan kelistrikannyan dibagi dalam tiga zona. Menurut Ronggo Kuncahyo, Staf Ahli Menteri ESDM, Zona satu dikerjakan PT Soma Daya Utama. Sementara zona dua dikerjakan Karimun Power Plant dan zona tiga oleh PT PLN.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan keberadaan listrik ini ke depan akan membantu masyarakat Karimun. Bupati ingin kebutuhan listrik yang terus meningkat tetap terpenuhi.

Dalam kesempatan itu, hadir sejumlah Kepala SKPD Pemprov Kepri. Tampak hadir Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Rahminuddin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Heru Sukmono, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Isdianto, Kepala Biro Pembangunan Sardison, Kepala Biro Humas dan Protokol Heri Mokhrizal. Tampak juga sejumlah staf khusus Gubernur seperti Jemmy Rumengan, Ahar Sulaiman, Saidul Khudri, Rini Fitriyanti. Tampak hadir juga Wakil Ketua DPRD Kepri Husnizar Hood, anggota DPRD Kepri Surya Makmur Nasution, Irwansyah, Yusrizal. (Rz/Humas)

sani pltu

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code