banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

2016 Kepri Siap Jadi Tuan Rumah Sail Selat Karimata

mara1

 

TANJUNGPINANG-(BT)-Kepulauan Riau kembali dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan even nasional di 2016 , yakni untuk even Sail Selat Karimata. Kepri akan menjadi tuan rumah di wilayah Barat, dan akan berkolaborasi dengan Kalimantan Barat sebagai tuan rumah di wilayah Timur. Sebagai persiapan awal, Pj Gubernur Kepulauan Riau Agung Mulyana memimpin rapat langsung yang dihadiri oleh seluruh kepala SKPD dan perwakilan dari seluruh Kabupaten dan Kota, Senin (2/11/2015) di aula kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Agung mengatakan jika kegiatan nasional ini sudah dilaksanakan sejak 2009 dengan tema ketika itu Sail Bhunaken. Dan 2016 nanti di Kepri merupakan ke-8 even ini diselenggarakan.

Kegiatan ini, menurut Agung bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak target pariwisata di Kepri, bahkan secara nasional.

“Ini adalah kesempatan bagi kita. Apalagi Menteri Pariwisata sangat bergantung kepada Kepulauan Riau untuk menggenjot pencapaian target kunjungan wisatawan. Secara nasional targetnya adalah diatas 10 ribu wisatawan, sedangkan target kita (Kepri) 2,5 juta wisatawan. Selain Bali dan DKI, Menpar mengakui jika Kepri merupakan Provinsi yang diandalkan untuk mendongkrak target tersebut,” kata Agung.

Jika even Sail Selat Karimata 2016 merupakan kegiatan pusat yang didanai APBN, maka Agung meminta agar satu bulan sebelumnya Kepri mencuri start dengan menggelar kegiatan Festival Bahari Kepri. Kegitan ini yang akan menjadi ajang jualan bagi Pemprov Kepri atas potensi-potensi yang dimiliki.

“Lebih jelasnya kegiatan Festival Bahari Kepri ini kita gelar sebulan sebelum Sail Selat Karimata 2016. Tujuannya jelas untuk promosi kebaharian yang kita punya, disamping untuk menyambut even Sail Selat Karimata itu sendiri,” jelas Agung.

Secara spesifik, karena Kepri merupakan salah satu daerah yang menjadi andalan nasional untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Diakui Agung jika Kepri sangat membutuhkan dukungan dari pusat, untuk promosi dan untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang ada di Kepri tentunya. Dan untuk ini, Agung mengakui telah mendapatkan support dari Menteri pariwisata RI, diantaranya terkait anggaran untuk Promosi pariwisata di wilayah Asia Timur yang disetujui meliputi Macao, Hongkong dan Tokyo.

Permintaan lain yang juga disetujui Menpar RI adalah susul Gubernur terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Anambas. Bahkan untuk ini, di 2016 nanti Menpar akan mengnganggarkan di APBN.

“Dan yang kita minta lainnya adalah dukungan dari Pemerintah pusat terkait pengembangan atraksi-atraksi atau event-even di Kepulaun Riau. Dan salah satunya festival Bahari Kepri dan Sail Selat Karimata ini, disamping itu tentu banyak kegiatan-kegiatan lain yang kita rencanakan. Dan Alhamdulillah, semua yang kita usulkan langsung di ‘ok’ kan sama Pak Menteri,” ujar Agung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti menjelaskan bahwa sejak Tahun 2009, Sail Selat Karimata 2016 nanti adalah yang ke-8. Pertama kali diselenggarakan dengan nama Sail Bhunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Waktobi Belitong 2011, Sail Morotai 2012, Sail Komodo 2013, Sail Raja Ampat 2014, Sail Tomini 2015 dan rencananya Sail Karimata di 2016 nanti.

“Jika Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, Sail Karimata ini nanti akan menjadi yang terpanjang rutenya, banyak Provinsi yang dilibatkan dan harus menjadi yang terheboh tentunya,” kata Guntur. (Humas)

 

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code