banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Pemkab Bintan Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Propinsi

ULTAHBINTAN -(BT)- Pemerintah Kabupaten Bintan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Propinsi Kepulauan Riau yang ke – 13 di Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Senin, (28/9).

Penjabat Bupati Bintan, Drs. Doli Boniara, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara tersebut juga di hadiri oleh Sekda Bintan, Ir. Lamidi, MM, Asisten Bupati, Staf Ahli, Staf khusus, Kepala SKPD, Camat, dan  jajaran pegawai pemerintah Kabupaten Bintan.

Adapun tema peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan yang ke 13 ini yaitu “Melalui Hari jadi Provinsi Kepulauan Riau ke 13, Mari kita tingkatkan semangat Ayo Kerja untuk membangun Kepulauan Riau yang lebih maju.

Dalam amanat Upacara, Penjabat Bupati Bintan, Doli Boniara menyampaikan sambutan Penjabat Gubernur Propinsi Kepulauan Riau, Agung Maulana, menyatakan, bahwa, kita sudah meletakkan dasar – dasar pembangunan daerah sebagai azam untuk jangka waktu 20 tahun kedepan 2005 – 2025. Sebagaimana dituangkan dalam peraturan daerah nomor 2 tahun 2009 tentang rencana pembangunan jangka panjang provinsi kepri. Azam jangka panjang tersebut menjadikan kepri yang berbudaya, maju dan sejahtera.

Dalam rentang waktu 13 tahun sejak berdirinya provinsi kepri, telah banyak kemajuan pembangunan yang dicapai. Untuk mengukur  tingkat keberhasilan pembangunan dilihat dari beberapa  indikator, seperti pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, IPM, PDRB per kapita, Indeks Gini dan penduduk di atas garis kemiskinan.

Indeks Pembangunan Manusia provinsi kepri mengalami peningkatan dari tahun ke tahun yang cukup baik. Nilai IPM pada tahun 2010 sebesar 75, 07, meningkat menjadi 76, 56 pada tahun 2013. Sedangkan tahun 2014 IPM provinsi Kepri berada pada peringkat ke 2 di wilayah Sumatera.

Dalam Sambutannya juga, Doli mengatakan, pada tahun 2015 ini kita akan melaksanakan agenda Pemilu Kepala Daerah yang dijadwalkan pada tanggal 9 Desember 2015, Doli menghimbau untuk menjaga netralitas terhadap pasangan calon yang akan bertarung dalam pemilihan kepala daerah nantinya. ASN dilarang terlibat dalam seluruh kegiatan kampanye termasuk memberikan fasilitas dan membantu dalam menyebarkan bahan – bahan kampanye.

Namum demikian, ASN dibenarkan menghadiri kampanye dari pasangan calon untuk mendengarkan dan memahami visi dan misi pasangan calon dengan catatan tidak menggunakan atribut ASN dan fasilitas negara.

Selain itu, Lima instruksi Presiden Republik Indonesia dalam rangka pengawalan percepatan anggaran yang perlu mendapatkan dukungan semua pihak, antara lain, pertama, Diskresi kebijakan tidak bisa dipidanakan, apabila dipandang ada kesalahan dalam pengambilan kebijakan, bersifat administrasi, maka pemeriksaan dilakukan oleh aparat pengawasan internal pemerintah / APIP.

Kedua, Tindakan terhadap kesalahan administrasi pemerintahan selain melalui pengadilan Pengadilan Tata Usaha Negara, juga terbuka untuk dilakukan tuntutan secara perdata, tidak harus dipidanakan, dan permintaan untuk melakukan pengembalian.

Selanjutnya, ketiga yaitu aparat dalam melihat kerugian negara harus konkret, jangan berasumsi, persepsi dan praduga, serta yang keempat, jika melihat ada indikasi kesalahan administrasi dalam pengelolaan keuangan negara berdasarkan temuan BPK dan BPKP, maka satker diberi waktu 60 hari untuk perbaikan. Dalam masa perbaikan 60 hari itu, aparat kepolisian, kejaksaan, aparat penegak hukum tidak boleh intervensi.

Dan yang kelima yaitu, tidak boleh lakukan ekspose tersangka sebelum dilakukan penuntutan.

Setelah selesai Upacara, di lanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba desa dan kelurahan tingkat kab. Bintan tahun 2015. Dimana untuk desa terbaik pertama di raih oleh Desa Toapaya Selatan, Juara II Desa numbing, dan Juara III Desa malang Rapat.

Untuk tingkat kelurahan, juara pertama diraih oleh Kelurahan Gunung Lengkuas, Juara II kelurahan Tanjung Uban Selatan, dan Juara III Kelurahan Tembeling Tanjung. Masing masing juara mendapatkan hadia pertama Rp. 10.000.000,-,  juara kedua Rp.7.500.000, dan juara ketiga Rp.5.000.000-.(HMS)

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code