banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Wujudkan Kemandirian Pangan Warga Batam

Tanamlah Sayur di Rumah untuk Wujudkan Kemandirian Pangan Warga Batam

BATAM- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mendorong kemandirian pangan di Kota Batam.

Kemandirian pangan dibutuhkan oleh kota industri ini untuk meredam gejolak harga serta inflasi, dan terpenting, tidak lagi bergantung pada pasokan bahan makanan dari daerah dan negara lain.

Wakil Ketua Pengarah TPID Batam, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan langkah itu bisa dimulai dengan program pertanian terpadu yang didorong BP Batam dan Pemko Batam melalui pemanfaatan lahan kosong.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri mengatakan selain pemerintah, masyarakat juga perlu didorong untuk memanfaatkan lahan pekarangannya untuk menanam tanaman pangan.

“Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat bisa saja memanfaatkan lahan kosong di rumahnya. Seperti untuk menanam cabai, atau beberapa jenis sayuran tertentu yang mudah saja perawatannya. Langkah ini bisa untuk memandirikan masyarakat, dan di sisi lain meredam harga,” kata Gusti Raizal Eka Putra

Dia melihat jika masyarakat menanam kebutuhan pangannya sendiri, maka mereka mampu mengurangi belanja ke pasar. Dengan begitu, secara otomatis akan mendorong turunnya harga.

Sumber: batam.tribunnews.com

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

*

code