banner iklan Pemerintah Kabupaten Bintan

Balap Merpati Jadi Wadah Refreshing Warga Tanjung Uban

Penggemar balap merpati sedang menerima burung merpatinya mendarat di tangannya, Senin 24 Juni 2013. (Foto: Jendaras)

Penggemar balap merpati sedang menerima burung merpatinya mendarat di tangannya, Senin 24 Juni 2013. (Foto: Jendaras)

BINTAN (BT) – Satu lagi hobi warga Tanjung Uban yaitu balap merpati, seperti yang dilakukan oleh komunitas Uban Merpati Kolong (UMK), Minggu (23/6).

Komunitas yang terdiri dari berbagai macam latar belakang masyarakat mencoba melestarikan balap merpati yang belum ada di Tanjung Uban ini.

Bertempat di lahan kosong di sebelah kelenteng jalan Permaisuri ini mencoba memperlihatkan keseruan balap merpati.

Seperti Hendro (33) penggemar balap merpati yang ada dalam komunitas UMK, pemuda yang hobi balap merpati sejak kecil ini sangat senang dengan adanya komunitas ini.

“Saya sangat senang, selain untuk membangkitkan  hobi balap merpati di Tanjung Uban, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk refreshing dan berkumpul bagi penggemar hobi yang sama,” ujar Hendro.

Walaupun Hobi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun Hendro sama sekali tidak merasa keberatan dengan hal tersebut.

“Cukup lumayan mahal juga mas, sepasang kita beli merpati paling murah 300an ribu, bahkan sampai ada yang jutaan bila kita membeli dari luar daerah seperti dari Jawa dan Sumatera,” beber Hendro.

Penggemar balap merpati lain Suroto (56) mengatakan bahwa dengan adanya balap merpati di Tanjung Uban membuat para penghobi balap ini tak perlu jauh-jauh keluar kota untuk memenuhi keinginannya. “Di sini cukup bagus, daerahnya memang cukup bagus untuk arena balap merpati, karena daerahnya masih banyak pepohonan,” terang Suroto.

Ditambahkan Suroto hobi ini bisa cukup melelahkan jika burung yang dilepas urung kembali kepada pemiliknya, jika hal ini terjadi maka ia harus berkeliling mencari burung tersebut dengan membawa burung betina sebagai pemancing kembalinya merpati. (Jendaras)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment

*

code